Bisa Picu Kanker, Ini Cara Gunakan Produk Bleaching Rambut Yang Tepat

Bleaching rambut menjadi hal yang tak terpisahkan dari proses mengecat rambut dengan warna terang. Kini, tren melakukan bleaching rambut sendiri di rumah tengah digandrungi, hasilnya pun tak kalah cantik seperti di salon, serta tanpa rasa gatal, panas, perih dan bau saat mewarnai!

Bleaching rambut sendiri merupakan proses melunturkan warna rambut asli, agar penyerapan cat rambut lebih maksimal dan warna yang dihasilkan juga sesuai dengan yang diinginkan. Tak hanya dilakukan sebelum proses pewarnaan rambut, bleaching rambut juga dilakukan untuk menciptakan penampilan warna rambut blonde.

Biasanya, proses melunturkan warna rambut menggunakan bahan kimia yang terkandung di dalam produk bleaching. Umumnya, krim bleacing akan membuat proses oksidasi dan akan membuat lapisan rambut terbuka, dan kandungan krim bleacing yaitu hydrogen peroksiada akan menyerap ke rambut dan akan menghilangkan melanin yang ada pada batang rambut.

Kandungan bahan kimia inilah yang kerap menimbulkan kekhawatiran pada orang yang berniat melakukan bleaching rambut. Karena seperti diketahui, adanya kandungan bahan kimia keras pada produk bleaching rambut dapat menyebabkan kerusakan rambut, rambut rontok dan alergi.

Bahkan, menurut dr. Iranita Dyantika dikutip dari alodokter.com, bahan kimia pada produk bleaching juga dapat memicu timbulnya kanker. Zat karsinogenik atau zat pemicu kanker yang biasanya ada dalam krim bleaching, dapat membunuh sel-sel dalam tubuh serta memicu terjadinya mutasi DNA pada sel tubuh. Oleh karenanya, pertumbuhan sel menjadi tak terkendali dan banyak bermunculan sel baru yang sebenarnya tidak dibutuhkan oleh tubuh. Pertumbuhan sel yang tidak terkendali ini yang kemudian memicu munculnya sel kanker.

Namun, bahaya bleaching rambut yang dapat menyebabkan kanker tidak akan langsung terjadi pada percobaan pertama bleaching rambut. Akan tetapi, risiko seperti kerusakan rambut dan alergi sangat mungkin kamu alami pada pertama kali melakukan bleaching rambut.

Untuk mencegah gangguan kesehatan tersebut saat melakukan bleaching rambut di rumah, kamu perlu mengetahui caa menggunakan produk bleaching rambut yang tepat di halaman selanjutnya.